Makalah Pendidikan Agama
BAB I
TINJAUAN PERMASALAHAN
Ada insan yang dalam hidupnya, beliau tidak mau berusaha. Segala modal dan aset yang ada pada dirinya dibiarkan dan tidak digunakan. Baik ilmu dan pemikirannya, kemahirannya, tenaganya, masanya ataupun kekayaan, tanah dan hartanya. Manusia menyerupai ini sangat rugi.
Ada pula insan yang dalam hidupnya sangat berusaha. Digunakan segala kepunyaannya dan segala apa yang ada pada dirinya. Tetapi usahanya itu tidak membawa berkah dan ketenangan kerana usahanya itu tidak dihalakan kepada suatu arah yang tertentu atau kepada hal yang betul. Orang berusaha maka beliau pun berusaha. Dia melihat sibuk, beliau pun sibuk. Apa tujuannya beliau tidak tahu. Oleh karena itu, usahanya tinggal perjuangan tanpa ada apa-apa hasil yang bermanfaat.
Orang menyerupai ini, dua kali rugi. Sudah tidak sanggup apa-apa menyerupai orang yang tidak berusaha tadi, ditambah beliau sanggup letih dan capek serta modalnya habis begitu saja. Orang yang pribadi tidak berusaha, setidak-tidaknya beliau tidak letih dan modalnya tidak habis.
Begitulah umumnya sifat, watak dan perangai umat Islam masa kini di seluruh dunia. Mereka malas berusaha atau mereka berusaha tetapi tidak ada niatnya dan kesannya tidak ke mana. Sudah amal ibadah mereka kurang, disempitkan pula hanya kepada ibadah yang berbentuk khusus semata-mata. Umat Islam hari ini bersedekah tidak tahu untuk sanggup apa. Untuk sanggup pujian? Untuk dihormati? Untuk disokong dan diberi undian? Supaya tidak dikucilkan oleh masyarakat atau supaya tidak dieksekusi kerana tidak bersyariat? Kalau ditanya, paling mereka menjawab kerana mau mengumpulkan pahala. Seolah-olah Syurga itu ada maharnya dan bisa dibeli. Ada harga dan nilainya. Semua kenikmatan di dunia, semuanya bisa dibeli. Kalau tidak dengan duit, dengan pahala.
Amal ibadah itu sama, ada yang lahir maupun yang batin ialah syariat. Tujuan kita bersyariat tidak lain dan tidak bukan ialah untuk membesarkan Allah. Syariat itu tidak besar. Yang besar ialah Allah. Kita bersedekah dan bersyariat untuk menerima Allah SWT. Untuk menerima ridho, kasih sayang dan kekuasaan Allah. Untuk menerima pemeliharaan, dukungan dan keselamatan dari Allah. Atau dengan kata lain, untuk menerima taqwa. Segala amalan itu untuk menambah taqwa. Kerana Allah hanya mendapatkan ibadah dari orang-orang yang bertaqwa. Allah hanya membela, membantu dan melindungi orang-orang yang bertaqwa. Hanya orang-orang yang bertaqwa saja yang akan selamat di sisi Allah Taala.
Selama ini ada di antara kita yang memahami taqwa itu sebagai takut. Sedangkan taqwa itu bukan berarti takut kepada Allah. Kaprikornus bilamana khatib membaca khutbah Jumaat, seringkali juga khatib itu melaungkan Ittaqullah, kemudian diterjemahkan sebagai Takutlah kau kepada Allah. Kalaulah istilah takut itu mau digunakan, maka hendaknya disebut khaufullah. Sebab itu makna sebenarnya takutlah kepada Allah. Takut kepada Allah itu hanyalah satu sifat daripada berbagai-berbagai sifat taqwa. Ia ialah sebiji buah taqwa daripada himpunan buah-buah taqwa yang beratus banyaknya. Oleh itu tidaklah tepat ditafsirkan taqwa itu sebagai takut.
Apa pengertian sebenar taqwa? Merujuk kepada bahasa Arab, taqwa itu berasal dari perkataan waqa. Atau lebih sempurna lagi ia ialah dari rangkaian kalimah waqa-yaqi-wiqoyah. Waqa ini terjemahannya ialah memelihara. Kaprikornus bila dikatakan ittaqullah itu bererti hendaklah kau ambil Allah itu sebagai pemelihara. Atau dapatkanlah pemeliharaan dari Allah. Dalam makna yang sama, hendaklah kau jadikan Allah sebagai benteng. Jadikan Allah sebagai pelindung atau pendinding kamu. Bila Allah sudah jadi pemelihara, atau Allah sudah jadi benteng, maka benda luar yang jahat tidak akan sanggup masuk atau menembusi kamu. Kamu seakan-akan sudah dipakaikan baju besi oleh Allah sehingga tidak luput kejahatan menembusi kamu.
Timbul pula problem bagaimana menjadikan Allah itu sebagai pemelihara atau pendinding? Itulah beliau merujuk kepada Iman, Islam dan Ihsan. Iman itu apa? Lebih khusus kita pergi beriman kepada Allah. Dalam arti kata lain, kita kena benar-benar mengenali Tuhan sehingga kita sanggup meyakini dan memahami Tuhan itu sendiri. Jadi, bila kita hendak menjadikan Allah sebagai pemelihara, wajiblah kita mengenali Allah itu dahulu. Rasulullah pun mengenalkan Tuhan dahulu kepada pengikutnya dan ia memakan masa selama 13 tahun. Kemudian daripada itu, seakan-akan Tuhan kata tak cukup dengan itu sahaja. Kamu perlu mengamalkan syariatKu. Itulah beliau Islam. Syariat Islam berbagai-bagai. Jadi Tuhan perintahkan amalkan syariatNya yang ada didalamnya perintah suruh dan perintah larang. Jadi, hendak menjadikan Allah sebagai pemelihara, kena ambil syariat Allah dan amalkan. Buat apa yang disuruh, dan tinggalkan apa yang dilarang-Nya.
Belum cukup dengan itu, Tuhan arahkan Ihsan pula. Sesudah membuat syariatNya, tidak cukup dengan itu, Tuhan mahukan rohnya pula. Tuhan mahu lihat yang dalamnya. Itulah pentingnya ihsan iaitu kita menciptakan syariat dengan rasa kita melihat Tuhan, dan sudah niscaya itu tidak sanggup kita lakukan, maka kita mestilah merasai bahawa Tuhan sentiasa melihat kita. Bukan setakat melihat luaran kita tetapi dalam kita juga. Ihsan inilah yang dikatakan sebagai rasa bertuhan. Bila sudah sanggup ihsan barulah lengkap pakej menjadikan Allah sebagai pemelihara. Tuhan tidak sekadar memberi instruksi supaya bertaqwa kepadaNya, tetapi Tuhan bagi satu paket berupa panduan dan amalan caramana hamba- hambaNya sanggup bertaqwa kepadaNya. Itulah beliau Iman, Islam dan Ihsan.
Bilamana hamba-hambaNya sanggup melaksanakan sedemikian, hingga satu tahap, Allah akan menciptakan perisytiharan, seakan-akan Tuhan berkata begini: “Orang-orang ini sudah menjadi orang-orang Aku, maka layaklah mereka mendapat pembelaan dari Aku.” Maka, orang-orang yang mengusahakan taqwa sehingga bertaqwa, di waktu itu, mereka akan menerima pemeliharaan dan pertolongan Tuhan. Ini telah dijanjikan Tuhan dalam Al-Quran. Banyak ayat-ayat menerangkannya dan di antaranya adalah:
“Dan Allah akan menjadi pembela kepada orang-orang bertaqwa”(Al-Jasiyah:19) “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, akan dipermudahkan urusannya” (At-Thalaq:3)
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian, kedudukan dan ruang lingkup taqwa
1. Pengertian dan kedudukan taqwa
Taqwa berasal dari kata waqa, yaqi dan wiqayah yang berarti takut, menjaga, memelihara dan melindungi. Maka taqwa sanggup diartikan sebagai perilaku memelihara keimanan yang diwujudkan dalam pengalaman ajaran agama islam. Taqwa secara bahasa berarti penjagaan/ perlindungan yang membentengi insan dari hal-hal yang angker dan mengkhawatirkan. Oleh lantaran itu, orang yang bertaqwa ialah orang yang takut kepada Allah berdasarkan kesadaran dengan mengerjakan perintah-Nya dan tidak melanggar larangan-Nya kerena takut terjerumus ke dalam perbuatan dosa.
Taqwa ialah perilaku mental seseorang yang selalu ingat dan waspada terhadap sesuatu dalam rangka memelihara dirinya dari noda dan dosa, selalu berusaha melaksanakan perbuatan-perbuatan yang baik dan benar, pantang berbuat salah dan melaksanakan kejahatan pada orang lain, diri sendiri dan lingkungannya.
Dari banyak sekali makna yang terkandung dalam taqwa, kedudukannya sangat penting dalam agama islam dan kehidupan insan lantaran taqwa adalah pokok dan ukuran dari segala pekerjaan seorang muslim.
2. Ruang lingkup Taqwa
A.Hubungan insan dengan Allah SWT
B.Hubungan insan dengan hati nuranui dan dirinya sendiri
C.Hubungan insan dengan sesama manusia
D.Hubungan insan dengan lingkungan hidup
A.Hubungan insan dengan Allah SWT
B.Hubungan insan dengan hati nuranui dan dirinya sendiri
C.Hubungan insan dengan sesama manusia
D.Hubungan insan dengan lingkungan hidup
B. Hubungan dengan Allah SWT
Seorang yang bertaqwa (muttaqin) ialah seorang yang menghambakan dirinya kepada Allah SWT dan selalu menjaga kekerabatan dengannya setiap saat sehingga kita sanggup menghindari dari kejahatan dan kemunkaran serta membuatnya konsisten terhadap aturan-aturan Allah. Memelihara hubungan dengan Allah dimulai dengan melaksanakan ibadah secara sunguh-sungguh dan nrimo menyerupai mendirikan shalat dengan khusyuk sehingga dapat memberikan warna dalam kehidupan kita, melaksanakan puasa dengan ikhlas dapat melahirkan kesabaran dan pengendalian diri, menunaikan zakat dapat mendatangkan perilaku peduli dan menjauhkan kita dari ketamakan. Dan hati yang sanggup mendatangkan perilaku persamaan, menjauhkan dari takabur dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Segala perintah-perintah Allah tersebut ditetapkannya bukan untuk kepentingan Allah sendiri melainkan merupakan untuk keselamatan manusia.
Ketaqwaan kepada Allah sanggup dilakukan dengan cara beriman kepada Allah berdasarkan cara-cara yang diajarkan-Nya melalui wahyu yang sengaja diturunkan-Nya untuk menjadi petunjuk dan pedoman hidup manusia, seperti yang terdapat dalam surat Ali-imran ayat 138 yang artinya:
“inilah (Al-quran) suatu ketenangan bagi insan dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa “. (QS. Ali-imran 3:138)
manusia juga harus beribadah kepada Allah dengan menjalankan shalat lima waktu, menunaikan zakat, berpuasa selama sebulan penuh dalam setahun, melaksanakan ibadah haji sekali dalam seumur hidup, semua itu kita lakukan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan-Nya. Sebagai hamba Allah sudah sepatutnya kita bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya, bersabar dalam mendapatkan segala cobaan yang diberikan oleh Allah serta memohon ampun atas segala dosa yang telah dilakukan.
C. Hubungan insan dengan dirinya sendiri
Selain kita harus bertaqwa kepada Allah dan bekerjasama baik dengan sesama serta lingkungannya, insan juga harus bisa menjaga hati nuraninya dengan baik menyerupai yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW dengan sifatnya yang sabar, pemaaf, adil, ikhlas, berani, memegang amanah, mawas diri dll. Selain itu insan juga harus bisa mengendalikan hawa nafsunya lantaran tak banyak diantara umat insan yang tidak dapat mengendalikan hawa nafsunya sehingga semasa hidupnya hanya menjadi budak nafsu belaka menyerupai yang tertulis dalam Al-quran Surat Yusuf ayat 53 yang artinya:
“Dan saya tidak membebaskan diriku (berbuat kesalahan), sesungguhnya nafsu itu menyuruh kepada kejahatan, kecuali siapa yang diberi rahmat oleh tuhanku. Sesungguhnya tuhanku maha pengampum lagi maha penyayang”. (QS. Yusuf 12:53)
Maka dari itu umat insan harus bertaqwa kepada Allah dan diri sendiri biar bisa mengendalikan hawa nafsu tersebut. Ketaqawaan terhadap diri sendiri sanggup ditandai dengan ciri-ciri, antara lain :
1) Sabar
2) Tawaqal
3) Syukur
4) Berani
2) Tawaqal
3) Syukur
4) Berani
Sebagai umat insan kita harus bersikap sabar dalam mendapatkan apa saja yang tiba kepada dirinya, baik perintah, larangan maupun musibah. Sabar dalam menjalani segala perintah Allah lantaran dalam pelaksanaan perintah tersebut terdapat upaya untuk mengendalikan diri biar perintah itu bisa dilaksanakan dengan baik. Selain bersabar, insan juga harus selalu berusaha dalam menjalankan segala sesuatu dan menyerahkan hasilnya kepada Allah (tawaqal) lantaran umat insan hanya bisa berencana tetapi Allah yang menentukan, serta selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah dan berani dalam menghadapi resiko dari seemua perbuatan yang telah ditentukan.
D. Hubungan insan dengan insan
Agama islam mempunyai konsep-konsep dasar mengenai kekeluargaan, kemasyarakatan, kebangasaan dll. Semua konsep tersebut memberikan gambaran perihal ajaran-ajaran yang bekerjasama dengan insan dengan manusia (hablum minannas) atau disebut pula sebagai aliran kemasyarakatan, manusia diciptakan oleh Allah terdiri dari pria dan perempuan. Mereka hidup berkelompok-kelompok, berbangsa-bangsa dan bernegara. Mereka saling membutuhkan satu sama lain sehingga insan dirsebut sebagai makhluk social. Maka tak ada tempatnya diantara mereka saling membanggakan dan menyombongkan diri., lantaran kelebihan suatu kaum tidak terletak pada kekuatannya, harkat dan martabatnya, ataupun dari jenis kelaminnya lantaran bagaimanapun semua insan sama derajatnya dimata allah, yang membedakannya ialah ketaqwaannya. Artinya orang yang paling bertaqwa ialah orang yang paling mulia disisi allah swt.
Hubungan dengan allah menjadi dasar bagi kekerabatan sesama manusia. Hubungan antara insan ini sanggup dibina dan dipelihara antara lain dengan mengembangkan cara dan gaya hidupnya yang selaras dengan nilai dan norma agama, selain itu perilaku taqwa juga tercemin dalam bentuk kesediaan untuk menolong orang lain, melindungi yang lemah dan keberpihakan pada kebenaran dan keadilan. Oleh lantaran itu orang yang bertaqwa akan menjadi motor penggerak, bahu-membahu dan kolaborasi dalam segala bentuk kebaikan dan kebijakan.
Surat Al-baqarah ayat 177:
“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatukebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada allah, hari kemudian, malaikat, kitab, nabi, danmemberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, oaring miskin, musafir(yang memerlukan pertolongan), dan orang-orangyang meminta-minta, dan (merdekakanlah)hamba sahaya, mendirikan shalat danmenunaikan zakat. Dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji dan orang yang bersabar dalam kesempatan, penderitaan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar(imannya)mereka itulah orang yang bertaqwa. (Al- baqarah 2:177).
Dijelaskan bahwa ciri-ciri orang bertaqwa ialah orang yang beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat dan kitab Allah. Aspek tersebut merupakan dasar keyakinan yang dimiliki orang yang bertaqwa dan dasar hubungan dengan Allah. Selanjutnya Allan menggambarkan hubungan kemanusiaan, yaitu mengeluarkan harta dan orang-orang menepati janji. Dalam ayat ini Allah menggambarkan dengan terperinci dan indah, bukan saja karena aspek empati terhadap sesama insan dijelaskan secara terurai, yaitu siapa saja yang mesti diberi tenggang rasa, tetapi juga mengeluarkan harta diposisikan antar aspek keimanan dan shalat
E. Hubungan Manusia dan Lingkungan Hidup
Taqwa sanggup di tampilkan dalam bentuk kekerabatan seseorang dengan lingkungan hidupnya. Manusia yang bertakwa ialah insan yang memegang kiprah kekhalifahannya di tengah alam, sebagai subjek yang bertanggung jawab menggelola dan memelihara lingkungannya. Sebagai penggelola, insan akan memanfaatkan alam untuk kesejahteraan hidupnya didunia tanpa harus merusak lingkungan disekitar mereka. Alam dan segala petensi yang ada didalamnya telah diciptakan Allah untuk diolah dan dimanfaatkan menjadi barang jadi yang mempunyai kegunaan bagi manusia.
Alam yang penuh dengan sumber daya ini mengharuskan insan untuk bekerja keras memakai tenaga dan pikirannya sehingga dapat menghasilkan barang yang bermanfaat bagi manusia. Disamping itu, manusia bertindak pula sebagai penjaga dan pemelihara lingkungan alam. Menjaga lingkunan ialah menawarkan perhatian dan kepedulian kepada lingkungan hidup dengan saling menawarkan manfaat. Manusia memanfaatkan lingkungan untuk kesejahteraan hidupnya tanpa harus merusak dan merugikan lingkungan itu sendiri.
Orang yang bertaqwa ialah orang yang bisa menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya. Ia sanggup mengelola lingkungan sehingga dapat bermanfaat dan juga memeliharanya biar tidak habis atau musnah. Fenomena kerusakan lingkungan kini ini menerangkan bahwa insan jauh dari ketaqwaan. Mereka mengeksploitasi alam tanpa mempedulikan apa yang akan terjadi pada lingkungan itu sendiri dimasa depan sehingga mala petaka membayangi kehidupan manusia. Contoh dari mala petaka itu ialah hutan yang dibabat habis oleh insan menjadikan peristiwa banjir dan erosi tanah sehingga terjadi longsor yang sanggup merugikan manusia.
Bagi orang yang bertaqwa, lingkungan alam ialah nikmat Allah yang harus disyukuri dengan cara memenfaatkan dan memelihara lingkungan tersebut dengan sebaik-baiknya. Disamping itu alam ini juga ialah amanat yang harus dipelihara dan dirawat dengan baik. Mensyukuri nikmat Allah dengan cara ini akan menambah kualitas nikmat yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Sebaliknya orang yang tidak bersyukur terhadap nikmat Allah akan diberi azab yang sangat menyedihkan. Azab Allah dalam kaitan ini adalah petaka akhir eksploitasi alam yang tanpa batas karena kerusakan manusia.
BAB III
KESIMPULAN
Amal ibadah itu sama, ada yang lahir maupun yang batin ialah syariat. Kita bersedekah dan bersyariat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk menerima ridho, kasih sayang dan kekuasaan Allah. Untuk menerima pemeliharaan, dukungan dan keselamatan dari Allah. Atau dengan kata lain, untuk menerima taqwa. Segala amalan itu untuk menambah taqwa. Kerana Allah hanya mendapatkan ibadah dari orang-orang yang bertaqwa. Allah hanya membela, membantu dan melindungi orang-orang yang bertaqwa. Hanya orang-orang yang bertaqwa saja yang akan selamat di sisi Allah Ta’ala.
Dari banyak sekali makna yang terkandung dalam taqwa, kedudukannya sangat penting dalam agama islam dan kehidupan insan lantaran taqwa adalah pokok dan ukuran dari segala pekerjaan seorang muslim.
Taqwa tidak hanya bekerjasama dengan Allah swt, tetapi juga bekerjasama dengan insan dengan dirinya sendiri, antar sesama manusia, dan dengan Lingkungan Hidup.
DAFTAR PUSTAKA
file:///F:/agama/Makalah-Agama-Taqwa.html
Azra. Azumardi, Dr. Prof. Dkk, Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi
Umum: Jakarta. 2002
Cholid, M, Drs. M, M.Ag, dkk. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan
Tinggi, Bandung:STPDN Press, 2003
Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum Negeri,
Penerbit. PT Ahsana Indah Kitab, Jakarta. 1994
Nata, Abudin, H, Drs, M.A, dkk. Ensiklopedii Islam, Jakarta: PT. Ichtiar Baru
Van Hoevem 1996
0 Response to "Makalah Pendidikan Agama"
Post a Comment